You are currently viewing Bagaimana Cara Belajar Berenang buat Pemula ?

Bagaimana Cara Belajar Berenang buat Pemula ?

Cara Belajar Berenang – Menurut wikipedia Renang adalah gerakan berpindah tempat secara teratur di air dengan cepat menggunakan tangan dan kaki. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada.

Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

Bersama-sama dengan loncat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan polo air, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.

Dalam wiktionary bahasa Inggris, definisi renang adalah “The activity of moving oneself through water using one’s arms and legs while buoyed up by the water, carried out by humans for amusement, exercise, sport or entertainment”.

Teknik Dasar Renang

Teknik Dasar Renang

Sekarang ada beberapa gaya renang. Namun, sebelum mempelajari gaya renang, ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai yaitu pernapasan, mengapung, dan meluncur.

1. Teknik Pernapasan

Kemampuan bernapas adalah kunci sukses berenang. Untuk berlatih, berdirilah di tepi kolam renang dan letakkan wajah Anda di atas air. Tarik napas melalui mulut dan tahan sebentar. Masukkan kepala Anda ke dalam air dan hembuskan melalui hidung.

Anda perlu melatih pernapasan ini 10 hingga 15 kali. Ulangi latihan ini secara teratur sampai Anda menemukan ritme Anda.

2. Teknik Mengapung

Kunci latihan mengapung adalah rileks, jangan panik. Ada dua posisi mengambang yang perlu dikuasai: berbaring dan berdiri mengambang.

Untuk mengapung telentang, berdirilah dengan kaki di dasar kolam dengan kepala di atas. Bertahanlah di tepi kolam, dan tarik tubuh secara perlahan dengan tangan lurus hingga telinga terendam air. Lakukan ini 10 hingga 15 kali hingga Anda menemukan posisi yang seimbang.

Teknik mengapung berdiri dilakukan dengan cara menyelam ke dalam air sedangkan tangan tetap berada di sudut kolam. Tarik napas dalam-dalam dan tahan, lalu dorong tubuh menjauh dari kolam sambil gerakan kaki seperti saat berenang di dada, tangan seperti ayam memegang sayap.

Teknik Dasar Renang

3. Teknik Meluncur

Meluncur adalah menggerakkan tubuh secara horizontal di bawah permukaan air. Untuk melakukan ini, turunlah ke kolam dangkal dan kemudian berdiri membelakangi dinding kolam. Letakkan satu kaki di sisi dinding kolam dan jari-jari kaki sambil menarik perosotan.

Gerakkan tubuh Anda dengan kaki Anda dan maju dengan kedua tangan lurus ke depan. Cobalah mencelupkan kepala Anda ke dalam air sehingga telinga Anda rata dengan lengan Anda.

Lakukan latihan ini 10 sampai 15 kali sampai Anda bisa seimbang. Itulah Cara Belajar Berenang yang Wajib Dipahami bagi anda yang baru ingin belajar berenang.

Tinggalkan Balasan