You are currently viewing Bagaimana Cara Berenang di Arus Sungai ?
image credit : travel.kompas.com

Bagaimana Cara Berenang di Arus Sungai ?

Cara Berenang di Arus Sungai – Terkadang Anda mendapati diri Anda terpaksa berenang menyeberangi sungai yang mengalir deras. Meski jago berenang, jangan terburu-buru menyeberangi sungai yang berarus deras, apalagi jika belum pernah melakukannya di sungai.

Derasnya aliran sungai turut andil dalam kerja otot-otot tubuh saat berenang. Hal ini dapat menyebabkan orang mengalami kram otot dan akibatnya tenggelam. Karena itu, sungai yang mengalir deras cukup berbahaya dan bisa mematikan. Oleh karena itu, sebelum melakukan menyebrangi sungai dengan berenang ada baiknya untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Cara Berenang di Arus Sungai

Pahami Kemampuan Berenang Anda

Dikutip di halaman Washington State Department of Health. meskipun kamu pandai berenang tetapi kamulah yang paling tahu tentang keterampilan berenang kamu. Jika Anda tidak yakin, Anda harus meninggalkan niat untuk menyeberangi sungai. Misalnya, Anda bisa berenang tetapi cepat lelah. Orang yang mudah lelah mudah tenggelam di sungai yang berarus deras.

Pahami Situasi Sungai

Jika sisi sungai curam, periksa kedalaman sungai dengan ranting atau tongkat terdekat. Jangan mencoba mengukur dengan kaki Anda, ini berbahaya. Anda tidak tahu seberapa dalam dan kuat arus di dasar sungai, bahkan di tepiannya. Sungai dengan tepi yang dalam biasanya lebih dalam di tengah.

Sungai yang dalam umumnya memiliki arus yang lebih sedikit daripada yang dangkal. Tapi itu tergantung pada jenis sungai. Sungai pasang surut sering kali namun saat air pasang justru arus lebih kuat.

Untuk sungai dengan kedalaman 5-15 meter, Anda bisa mengatasinya. Tetapi jika lebih dari itu, Anda harus mempertimbangkan kembali untuk berenang melewatinya. Berenang di sungai yang berarus deras tentu berbeda dengan berenang di kolam renang yang tenang.

Memahami Materi Sungai

Di Indonesia, banyak sungai memiliki dasar pasir atau batu dan ada juga yang berlumpur. Sungai yang deras dengan dasar berbatu tentu berbahaya. Ini karena arus yang kuat dapat menyebabkan benturan keras dengan batu dan melukai orang. Perhatikan apakah sungai yang ingin sebrangi adalah batu atau bukan. Berhati-hatilah saat berenang jika kondisi sungai berbatu.

Berikut tips aman di sungai deras, dikutip dari berbagai sumber:

1. Singkirkan dan Lepaskan  Benda Berat

Dikutip dari laman United States Forest Service, saat berenang di sungai yang berarus deras, pastikan tidak ada beban yang menarik Anda ke bawah. Koper Anda, seperti ransel, tidak hanya memakan tempat, tetapi juga tenggelam karena beratnya.

2. Berenang Mengikuti Arus

Berenang melawan arus akan mengakibatkan hilangnya kekuatan yang tidak berguna. Manfaatkan arus sungai untuk menyeberangi sungai. Berenanglah ke samping daripada menyeberangi sungai yang mengalir. Dengan cara ini Anda dapat mencapai seberang sungai tanpa terlalu banyak tenaga.

3. Renang Gaya Punggung

Jaga alar tubuh Anda tetap tegak atau telentang saat Anda berenang menyeberangi sungai. Posisi ini menopang tubuh untuk mengapung dengan mudah. Anda bisa berenang dengan gaya kupu-kupu agar lebih cepat. Namun gaya ini biasanya melelahkan dan berisiko menyebabkan kram otot.

4. Gunakan pelampung

Jika Anda tidak bisa berenang dengan gaya punggung, gunakan pelampung untuk meningkatkan daya apung tubuh Anda. Aliran sungai yang deras dapat dengan mudah tenggelam. Mereka tenggelam karena hanyut oleh arus yang kuat atau mencoba untuk tetap terapung karena lelah. Gunakan pelampung portabel untuk menghemat energi, seperti kelapa atau jerigen.

Leave a Reply