You are currently viewing Begini Caranya Merawat Kolam Renang

Begini Caranya Merawat Kolam Renang

Merawat Kolam Renang – Memiliki kolam renang pribadi di halaman belakang kita bisa menjadi ide paling glamor dan mewah yang pernah ada. Sehari-hari setelah bekerja, atau ketika kita hanya ingin menghabiskan waktu di liburan panjang, kita bisa berbaring di sampingnya untuk merilekskan tubuh atau sekedar untuk berjemur. 

Lebih dari itu, menjamu orang untuk pesta barbekyu atau melakukan rutinitas kebugaran juga bisa dilakukan di sini. Tips Perawatan Kolam Renang

Namun sayangnya, tidak semua hal tersebut dapat dicapai dengan mudah seperti yang dibayangkan. Memiliki kolam renang pribadi bisa jadi rumit, terutama dalam hal perawatan kolam. 

Banyak orang menyerah dalam hal ini. Alhasil, kolam akan menjadi kurang indah lagi. Sekedar mengingatkan, beberapa masalah seperti filter rusak, ganggang menumpuk, dan air hijau bisa menjadi tampilan paling mengganggu di dalam kolam.

Anda tidak perlu khawatir dengan hal-hal tersebut. Namun, jika Anda dapat mengelola kolam Anda dengan baik, impian Anda tentang kolam yang bersih dan cerah dengan air yang masih asli dan jernih dapat tercapai. 

Selanjutnya, Anda dapat menghubungi jasa perawatan kolam renang atau Anda juga dapat mengikuti tips perawatan kolam sederhana di bawah ini agar kolam renang Anda selalu dalam kondisi yang baik.

Lakukan Skimming dan Scrubbing Secara Teratur

Jika kolam Anda terletak di dekat taman, atau setidaknya ada pepohonan di sekitar sana, Anda pasti menemukan dedaunan atau kotoran di permukaan air atau di dalamnya. Hal ini pasti akan mengganggu pemandangan. 

Oleh karena itu, Anda harus melakukan skimming secara teratur. Hal ini cukup sederhana, namun membutuhkan konsistensi yang tinggi dalam melakukannya. Anda harus mengulanginya secara teratur, dan sangat disarankan untuk melakukan skimming kolam setiap hari.

tips perawatan kolam renang

Selain itu, Anda juga perlu melakukan scrubbing pada perawatan kolam Anda. Proses scrubbing ini sangat efektif untuk mencegah tumbuhnya alga di tepi kolam. Tidak seperti skimming, Anda hanya perlu melakukan scrubbing seminggu sekali. 

Namun satu hal yang harus diingat, Anda perlu memberi penekanan pada tempat tumbuhnya alga yang lebih bandel. Trik melakukannya adalah mengisi klorin sebelum Anda menggosoknya.

Ukur Tingkat Kimia kolam Anda

Tips Perawatan Kolam Renang selanjutnya adalah ukur tingkat kimia kolam renang. Kadar kimia merupakan hal yang esensial dalam pemeliharaan kolam.

Seharusnya tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika tidak dalam takaran yang tepat, bisa membuat kulit iritasi, perih pada mata, dan membuat kolam terlihat keruh. Jadi, Anda perlu memberikan dosis kimia yang tepat untuk kolam Anda.

Idealnya, ada sekitar enam jenis bahan kimia yang perlu Anda pertimbangkan. Mereka adalah Free Chlorine, Cyanuric Acid, Acidity/Alkalinity, Total Alkalinity, dan Calcium Hardness.

Saat menguji tingkat kimia kolam Anda sangat sederhana. Anda dapat membeli alat uji dari toko, dan ikuti petunjuk penggunaannya. Kemudian Anda dapat menyesuaikan berapa banyak dosis kimia yang perlu Anda tambahkan

Perhatikan Filter Kolam Renang

Tips Merawat Kolam Renang (filter) Banyak orang yang menganggap filter kolam merupakan bagian penting dari perawatan kolam. Sama seperti ginjal dalam tubuh kita, filter akan menghilangkan kotoran dari air. 

Jadi, untuk menjaga filter ini dalam kondisi baik, Anda perlu membersihkan pipanya setidaknya sebulan sekali. Kemudian, Anda perlu melakukan backwash juga. Keluarkan keranjang dan bersihkan. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, Anda tidak perlu melakukannya terlalu sering karena dapat membahayakan sistem mekanik filter Anda.

Serap Minyak dengan Bola Tenis

Ketika Anda melihat banyak bola tenis di kolam, bukan berarti orang-orang sedang bermain tangkap tangan di sana. Tapi, semua bola ini masih melakukan pekerjaan kedua mereka. Berikut analoginya.

Ketika perenang masuk ke dalam kolam, tubuh mereka mungkin mengandung minyak dari tubuh mereka atau dari beberapa produk seperti lotion, produk rambut, dll. Minyak ini akan tertinggal di kolam, terutama di air sehingga menyebabkan pemandangan yang tidak menyenangkan.

Jadi, sebagai tips perawatan kolam Anda, Anda bisa menggunakan bola tenis untuk menyerap minyak ini. Lempar saja beberapa ke dalam kolam, dan biarkan serat di dalamnya melakukan tugasnya dalam menyerap minyak.

Perawatan Kejut Penting untuk Kolam Anda

Cara Merawat Kolam Renang yang terakhir adalah memberikan perawatan kejutan kolam setiap dua minggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jumlah kontaminasi organik atau kuman. Untuk melakukan ini, Anda dapat meningkatkan dosis bahan kimia ke dalam kolam Anda.

Tapi satu hal yang harus diingat, bahwa ini bukan pengganti sanitasi yang berjalan, tetapi dilakukan untuk membantu sanitiser lebih efektif. Namun, perawatan kejut harus dilakukan berdasarkan produk kolam yang digunakan.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kolam renang pribadi Anda tetap dalam kondisi yang baik. Namun, kami percaya bahwa tidak semua orang mampu melakukan semua hal di atas. Dan jika ya, jangan khawatir, Anda cukup menghubungi penyedia layanan kolam renang yang akan menjaga kolam renang Anda dalam kondisi baik.

Leave a Reply