You are currently viewing Cara Merawat Kolam Renang Yang Baik dan Benar Agar Terbebas dari Lumut

Cara Merawat Kolam Renang Yang Baik dan Benar Agar Terbebas dari Lumut

Cara Merawat Kolam Renang – Memiliki kolam renang terutama kolam renang pribadi di rumah memang menjadi keinginan hampir setiap orang. Pasalnya dengan memiliki kolam renang sendiri di rumah kita tidak perlu repot repot pergi ke kolam renang umum.

Renang merupakan salah satu olahraga yang disenangi banyak orang karena renang dipercaya mampu mengecilkan perut dan membantu menambah tinggi badan. Selain sebagai tempat olahraga, kolam renang juga sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul dan bersantai bersama anggota keluarga yang lain.

Jika kita sering berenang di kolam renang sendiri jangan lupa untuk merawat kolam renang, karena jika kolam renang tidak dirawat dengan baik dan berkala maka akan ditumbuhi oleh lumut dan akan membuat kolam renang menjadi tidak indah dilihat dan dapat mengganggu kesehatan.

Tentunya anda sebagai pemilik kolam renang harus mengetahui cara merawat kolam renang yang baik dan benar agar kolam renang anda terbebas dari lumut yang membandel.

Anda bisa mendapatkan informasi  detail mengenai cara merawat kolam renang, peralatan kolam renang dan seputar kolam renang lainnya dari jasa kontraktor kolam renang yang banyak di tawarkan.

cara merawat kolam renang

Anda bisa searching di google ataupun media sosial lainnya mengenai jasa kontraktor kolam renang terbaik. Berikut beberapa cara merawat kolam renang yang baik dan benar :

1. Bersihkan Kolam Renang Secara Berkala

Cara merawat kolam renang yang benar adalah sering membersihkan kolam renang secara rutin seperti menyaring kotoran seperti daun dan kotoran lainnya yang berada di atas permukaan air.

Air kolam yang terkontaminasi atau tercemar oleh kuman pasti berpengaruh pada munculnya penyakit di kulit. Untuk melindungi supaya air kolam renang masih jernih sekurang-kurangnya air harus diganti sedikitnya dua minggu sekali.

Beberapa jenis obat desinfektan yang biasa diterapkan pada kolam renang ialah HCL, soda, kaporit, tawas, dan sejenisnya.

2. Meminimalisir Pertumbuhan Lumut

Alga yang berkembangbiak pada kolam renang Anda bisa membuat air kolam terlihat kehijauan.  Salah satu langkah paling gampang untuk meminimalisir pertumbuhan alga ialah menanam beberapa pohon di sekitar kolam hingga permukaan air kolam renang tidak terkena cahaya matahari langsung. 

Pohon-pohon yang menghasilkan oksigen pada siang hari bisa menolong menekan pertumbuhan alga. Disamping itu rerimbunan ini dapat membuat area sekitar kolam renang jadi teduh.

cara merawat kolam renang

3. Penggunaan Filter Air

Langkah menjaga kolam renang selanjutnya yakni tidak terlepas dari pemakaian filter kolam. Makin baik dan tinggi kemampuan kerja filter kolam maka semakin baik kualitas air yang dihasilkan.

Pemakaian filter air penting sebab membantu dalam proses filtrasi air dari kotoran-kotoran yang ada di kolam renang.

Kolam renang yang bersih akan membuat anda dan yang tinggal di rumah yang lain nyaman untuk lama-lama ketika berada di kolam renang.

4. Bersihkan Area Sekitar Kolam dan  Kerak di Dinding Kolam Renang

Area kolam renang sebaiknya sering dibersihkan seperti mengepel pada keramik di sekitar pinggir kolam renang. Lalu jika mengganti air kolam renang jangan lupa untuk menyikat keramik ataupun dasar kolam renang serta dindingnya agar kerak kerak kotoran nya hilang dan kolam renang menjadi bersih berkilau.

5. Mengatur Kadar Klorin pada Air

Kemudian agar kolam anda tidak berlumut maka anda harus mengatur kadar klorin dan pH pada air. Sesuaikan dengan referensi dari para ahli sehingga, lumut tidak pernah muncul di dalam kolam renang. 

Biasanya, pH yang dianjurkan untuk kolam renang berkisar antara 7,2-7,4. Sementara itu, klorin dalam air hanya boleh berkisar antara 1,0-3,0 bagian per juta (BPJ) dan asam sianurat hanya 40 BPJ saja. Apabila air tidak memenuhi standar tersebut, maka kuras dan ganti air segera.

Namun jika anda report dan tidak mempunyai waktu lebih untuk melakukan perawatan kolam renang, maka anda tidak perlu khawatir. Anda hanya tinggal menggunakan jasa perawatan kolam renang yang ditawarkan dari banyak perusahaan jasa kontraktor kolam renang terdekat.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat kolam renang agar terbebas dari lumut dan kotoran. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan