You are currently viewing Mengetahui Dasar Dasar Kolam Renang

Mengetahui Dasar Dasar Kolam Renang

Dasar Dasar Kolam Renang – Kolam renang adalah cara yang menyenangkan dan menyegarkan untuk mendinginkan diri di musim panas, tetapi kolam renang juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan tertentu agar tetap bersih dan aman bagi perenang. Berikut adalah beberapa dasar perawatan kolam renang:

Membersihkan kolam Anda secara teratur penting untuk menghilangkan kotoran, kotoran, dan bakteri yang dapat menumpuk di dalam air. Anda harus menyedot debu lantai kolam, menyikat dinding dan tangga, serta membersihkan sistem filter.

Penting juga untuk menguji air secara teratur untuk memastikan tingkat pH seimbang. Ini akan membantu mencegah iritasi kulit dan masalah mata yang disebabkan oleh tingkat pH yang tinggi atau rendah.

Terakhir, Anda perlu menyetrum kolam secara berkala untuk membunuh bakteri yang mungkin ada. Mengejutkan melibatkan menambahkan sejumlah besar klorin ke air sekaligus, yang bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar.

Filter Kolam: Cara Kerjanya

Meskipun filter kolam bukan satu-satunya komponen dalam menjaga kebersihan kolam, filter merupakan bagian penting dari proses tersebut. Ada tiga jenis filter utama – pasir, kartrid, dan diatomaceous earth (D.E.) – dan masing-masing memiliki caranya sendiri untuk menjebak kontaminan.

Filter pasir bekerja dengan menggunakan gravitasi untuk menjebak kotoran dan kotoran di pasir. Air didorong melalui pasir, yang bertindak sebagai filter, dan kotoran dan puing-puing terperangkap di ruang di antara partikel pasir. Kelemahan dari filter pasir adalah mereka membutuhkan pencucian balik, yang dapat membuang air.

Filter kartrid bekerja dengan menjebak kontaminan dalam kertas berlipit atau kartrid kain. Saat air melewati kartrid, kontaminan terperangkap pada atau di dalam kartrid. Filter kartrid biasanya tidak memerlukan pencucian balik, tetapi perlu diganti secara berkala.

Mencuci Filter Kolam Renang

Sangat penting untuk menjaga filter kolam Anda bersih agar air kolam Anda bersih dan jernih. Berikut cara mencuci filter kolam renang Anda.

Pertama, lepaskan filter dari kolam. Kedua, menggunakan selang taman, bilas filter untuk menghilangkan kotoran atau kotoran. Ketiga, dengan menggunakan kuas, gosok bagian dalam filter untuk menghilangkan penumpukan. Keempat, bilas filter lagi. Kelima, pasang kembali filter ke kolam.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memastikan bahwa kolam Anda memiliki air yang bersih dan jernih sepanjang musim panas!

Menambahkan Bahan Kimia ke Kolam

Penambahan bahan kimia ke kolam merupakan bagian penting dari proses pembersihan. Bahan kimia membantu menjaga air tetap bersih dan bebas dari bakteri. Ada berbagai bahan kimia yang dapat digunakan di kolam renang, termasuk klorin, bromin, dan asam. Penting untuk menguji air secara teratur untuk memastikan bahwa kadar bahan kimia seimbang. Terlalu banyak atau terlalu sedikit salah satu bahan kimia dapat berbahaya bagi perenang.

Menyedot Debu Kolam

Sebagian besar pemilik kolam tahu bahwa mereka perlu menyedot debu kolam mereka secara teratur, tetapi banyak yang tidak tahu cara menyedot kolam dengan benar. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menyedot debu kolam Anda dengan cara yang benar:

  1. Pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan selang vakum, kepala vakum, dan sikat. Anda mungkin juga memerlukan tiang teleskop jika kolam Anda dalam.
  2. Mulailah dengan menyikat dinding dan lantai kolam Anda dengan sikat. Ini akan melonggarkan kotoran atau kotoran yang menempel di permukaan.
  3. Pasang selang vakum ke keranjang skimmer dan hidupkan pompa. Perlahan-lahan gerakkan kepala penyedot debu dalam lingkaran kecil, menutupi seluruh lantai kolam. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada area yang tampak sangat kotor.

Menyikat Kolam

Penting untuk menyikat kolam untuk menghilangkan kotoran atau kotoran yang menumpuk di permukaan. Ini harus dilakukan setiap minggu, atau lebih sering jika perlu.

Untuk menyikat kolam, Anda membutuhkan sikat bergagang panjang dan selang dengan sambungan nosel. Mulailah dengan membasahi seluruh permukaan kolam dengan selang. Kemudian, dengan gerakan memutar, mulailah menggosok sisi dan dasar kolam dengan sikat. Pastikan untuk memperhatikan setiap area yang tampak sangat kotor.

Setelah Anda selesai menyikat seluruh kolam, nyalakan sistem penyaringan dan biarkan berjalan setidaknya selama satu jam. Ini akan membantu menghilangkan kotoran yang terlepas selama proses penyikatan.

Jika Anda memiliki kolam renang, penting untuk menjaga kebersihannya. Tidak hanya akan lebih menyenangkan untuk berenang, tetapi juga akan lebih aman. Ada beberapa cara berbeda untuk membersihkan kolam, dan metode terbaik dapat bervariasi tergantung pada jenis kolam yang Anda miliki. Pada artikel ini, kita akan membahas dasar-dasar cara membersihkan kolam renang.

Tinggalkan Balasan