You are currently viewing Fakta Mengenai Sungai Aare Swiss
image credit : kompas.com

Fakta Mengenai Sungai Aare Swiss

Fakta Mengenai Sungai Aare – Sungai Aare merupakan sungai terpanjang di Swiss dengan panjang mencapai 295 kilometer (km). Hulu sungainya berada di Gletser Aare, Pegunungan Alpen, Swiss. Lantas berapa kedalaman Sungai Aare?

Sungai Aare atau juga disebut sebagai Sungai Aar mengelilingi Kota Bern dari tiga sisi atau disebut sebagai Aare loop, sehingga mudah diakses oleh warga sekitar maupun wisatawan.

Melansir dari situs My Switzerland, Rabu (1/6/2022) kedalaman Sungai Aare bervariasi, namun titik yang paling dalam berada di jurang Aare dengan kedalaman 200 meter. Jurang Aare ini berada di wilayah Meiringen yang tak jauh dari hulu sungai.

Dari lokasi tersebut, aliran Sungai Aare mengarah ke Danau Brienz dan Danau Thun di Interlaken. Selanjutnya, dari Danau Thun, aliran Sungai Aare menuju ke ibu kota Swiss, Bern.

Meninggalkan Bern, Sungai Aare mengalir melalui sejumlah kota seperti Solothurn, Olten, Aarau, Brugg, dan berakhir di Koblenz.

Di Kota Brugg, aliran Sungai Aare menyatu dengan dua sungai besar lainnya, yaitu Reuss dan Limmat. Sedangkan di Kota Koblenz, akhirnya aliran Sungai Aare bermuara di Sungai Rhein yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Eropa.

Bila dilihat dari daratan, Sungai Aare memang tampak tenang, namun di dalamnya, arus mengalir deras. Itu sebabnya, otoritas Swiss mengimbau para wisatawan yang berenang di sana untuk waspada. Imbauan itu tercantum di situs Kota Bern hingga papan-papan peringatan yang dipasang di tepi sungai.

Salah satu peringatan yang juga tak boleh diabaikan perenang di Sungai Aare adalah mengenai suhu air. Mengingat aliran sungai ini berasal dari lelehan es di Pegunungan Alpen. Maka tak heran, suhunya begitu dingin antara 15-22 derajat celcius di musim panas.

Sebelum berenang di Sungai Aare, perenang perlu untuk membiasakan tubuhnya dengan suhu air. Biasanya mereka akan berdiri atau duduk terlebih dahulu di bagian sungai yang dangkal baru kemudian masuk ke tengah sungai.

Di sepanjang Sungai Aare juga terdapat beberapa titik keluar bagi perenang. Pada titik itu dibangun tangga dan besi berwarna merah yang dapat digunakan untuk berpegangan.

Akan tetapi perlu diingat, untuk keluar dari sungai dibutuhkan trik tertentu agar dapat menepi dan tak terbawa arus. Oleh sebab itu, disarankan bagi perenang untuk bertanya dan berenang dengan orang yang sudah familiar dengan Sungai Aare. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan ketika berenang.

(sumber : cnbcindonesia.com)

Leave a Reply