You are currently viewing Fungsi Filter Kolam Renang dan Jenis nya

Fungsi Filter Kolam Renang dan Jenis nya

Fungsi Filter Kolam Renang – Filter adalah salah satu komponen penting yang mendukung sebuah kolam renang. Filter kolam merupakan suatu sistem sirkulasi air yang menyaring kotoran pada air kolam. Dengan filter, air kolam Anda akan bersih, jernih dan bebas dari segala jenis kontaminan.

Berikut merupakan jenis jenis filter kolam renang yang wajib diketahui :

Filter Kolam Renang

1. Cartridge Filter 

Cartridge Filter adalah filter kolam yang menggunakan paper-type cartridge sebagai media filter. Umumnya, filter ini adalah tabung vertikal yang terdapat cartridge.

Tugas cartridge ini adalah menahan kotoran. Dengan cartridge, kotoran yang bisa terperangkap adalah 10-20 mikron, dan volumenya lebih kecil dari yang bisa ditampung oleh sand filter.

Akibat dari proses penyaringan tersebut, lama kelamaan akan banyak kotoran yang menempel pada cartridge dan menyebabkan cartridge tersumbat. 

Baca Juga : Daftar Alat Kolam Renang

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, ada dua cara untuk mengatasi masalah ini. 

Cara pertama adalah membersihkan cartridge di filter. Keluarkan cartridge dari tabung semprot dengan air bertekanan rendah. 

Jika menyemprot dengan air bertekanan tinggi akan merusak cartridge. Metode kedua adalah mengganti cartridge filter dengan cartridge baru.

Filter Kolam Renang

2. Sand Filter

Jenis filter kolam pertama yang dapat dipilih adalah sand filter. Jenis filter ini termasuk  filter kolam renang yang menggunakan pasir khusus untuk menjernihkan air di kolam. Cara kerjanya pun sangat mudah. 

Air masuk ke tangki filter secara terus menerus. Kemudian akan menyebar ke dalam filter. Setelah itu, air akan mengalir ke dasar tabung melalui beberapa lapisan pasir. Kotoran atau debu yang terbawa air akan disaring dan terperangkap di pasir. Nanti akan dikumpulkan di lapisan pasir.

Adapun air yang disaring dalam keadaan bersih akan dialirkan kembali ke kolam. Dengan sand filter ini, Anda dapat menyaring kotoran atau debu dengan ukuran sekitar 40 mikron. 

Setelah proses penyaringan, banyak pasir di pasir dan tabung filter. Makanya, tekanan air akan turun. Oleh karena itu, filter ini harus dibersihkan secara rutin. Caranya dengan membalik tabung filter sehingga air yang tersisa keluar. Setelah filter bersih, bilas lalu tambahkan pasir lagi.

3. Filter kolam renang DE filter

DE (Diatomaceous Earth) filter ini adalah jenis filter kolam yang dapat digunakan mirip dengan menggunakan cartridge. Namun, ada penambahan bubuk DE pada cat cartridge. 

Ternyata bubuk ini adalah fosil organisme air yang disebut diatom. Saat mati, bangkai diatomik jatuh dan terbaring di dasar air. Bubuk DE diberikan untuk menyaring feses dalam ukuran kecil hingga 3 sampai 5 mikron.

Jika diamati menggunakan mikroskop, Anda akan dapat melihat lubang-lubang kecil yang dapat menyaring air dengan efektif. 

Dengan menggunakan sistem yang kompleks, jenis filter kumpulan ini dianggap paling efektif dan sebenarnya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis filter lainnya. Namun, setiap orang yang menggunakan filter jenis ini dapat menikmati hasilnya dengan melihat kualitas air kolam Anda.

4. Filter Media

Filter Media Fungsi adalah bahan yang diisikan ke dalam sand filter untuk menyaring kotoran di dalam air, media filter bisa berupa pasir silika atau bahan granul khusus yang dapat menyaring kotoran di dalam air secara efisien.

Filter tipe ini sangat awet dan kuat, tidak akan rusak kecuali ada kesalahan pemasangan dan pemilihan tipe pompa serta tekanan air arus.

5. Pre-Filter

Fungsi pre-filter adalah menyaring 80% kotoran, yang mengurangi beban filter utama dan pompa. Filter ini dapat menghemat biaya air karena berkurangnya penggunaan air untuk backwash.

Filter air pra-filter hingga 80% sebelum mengarahkan air ke filter utama, filter utama tidak perlu sering dicuci dan dapat menghemat hingga 7000 liter air setiap tahun. 

Leave a Reply