You are currently viewing Fungsi Filter Kolam Renang
image credit : 99.co

Fungsi Filter Kolam Renang

Fungsi Filter Kolam Renang – Kolam renang membutuhkan air yang bersih dan jernih untuk keamanan dan kesenangan, menjadikan filter sebagai bagian penting dari perawatan kolam. Tapi apa sebenarnya yang dilakukan filter kolam renang? Pada artikel ini, kami akan menguraikan dasar-dasar cara kerja filter kolam renang untuk menjaga kolam Anda tetap sehat dan aman.

Peran filter kolam adalah untuk menghilangkan kotoran, kotoran, minyak, dan kontaminan lainnya dari air. Ini dicapai melalui proses yang disebut filtrasi yang melibatkan melewatkan air melalui serangkaian bahan yang bertindak sebagai penghalang untuk mencegah partikel masuk dan mencemari kolam. Jenis media yang paling umum digunakan dalam filter ini adalah pasir atau tanah diatom (D.E.). 

Bahan-bahan ini menjebak partikel besar sambil membiarkan partikel yang lebih kecil lewat, menghasilkan air bersih dan jernih bebas dari kontaminan.

Jenis Filter Kolam Renang 

Filter kolam renang adalah komponen penting dari kesuksesan kolam. Dari menjaga air tetap bersih hingga menjauhkan puing-puing, mereka memastikan kesehatan dan keselamatan perenang. Untuk filter kolam renang, ada tiga jenis utama yang umum digunakan: filter pasir, filter kartrid, dan filter tanah diatom (DE).

Filter Pasir menggunakan media filter yang dirancang khusus yang terdiri dari pasir dan kerikil bergradasi. Air didorong melalui filter bed yang menjebak partikel kotoran dengan ukuran antara 20 – 100 mikron. 

Sistem Saringan Pasir juga memerlukan pencucian balik setiap 2-3 minggu, di mana air dibilas dengan arah berlawanan melalui dasar saringan untuk menghilangkan kotoran dan lumpur yang menumpuk di permukaan media.

Filter Media

Filter Media adalah jenis filter kolam renang yang umum digunakan untuk menjaga agar air Anda tetap bersih dan jernih. Mereka menggunakan kombinasi pasir, zeolit, dan media lain untuk menjebak partikel kotoran dari air saat melewati sistem penyaringan. 

Filter media biasanya lebih efektif daripada filter pasir tradisional karena menawarkan area permukaan yang lebih besar untuk menjebak kotoran. Akibatnya, mereka membutuhkan lebih sedikit perawatan dan memberikan kinerja filtrasi keseluruhan yang lebih baik.

Pengoperasian filter media relatif sederhana: Air kotor dipompa ke bagian atas sistem untuk melewati beberapa lapisan berbagai jenis media. Media menangkap puing-puing sekecil 10 mikron, menjebaknya di kedalamannya sebelum mengalirkan air bersih yang disaring kembali ke kolam. Proses ini berlanjut sampai semua partikel kotoran telah dihilangkan dari air, meninggalkan Anda dengan kebahagiaan berenang yang jernih!

Perawatan Filter Kolam renang, selain merupakan sumber hiburan dan olahraga yang bagus, juga membutuhkan perawatan rutin untuk memastikannya tetap aman dan bersih. Salah satu komponen penting perawatan kolam renang adalah perawatan filter. Mengetahui cara merawat filter kolam renang dapat membantu menjaga air tetap jernih dan bebas dari kontaminan.

Menggunakan jenis filter yang tepat untuk kolam Anda sangat penting untuk penyaringan yang tepat. 

Filter pasir adalah salah satu jenis yang paling umum digunakan di kolam renang perumahan karena mudah dirawat dan dioperasikan. 

Mereka harus dicuci kembali secara berkala menggunakan aliran balik air yang membantu menghilangkan kotoran yang terperangkap, puing-puing, dan partikel lain yang ditemukan di pasir. Filter cartridge menawarkan opsi alternatif tetapi harus diganti secara teratur karena tersumbat karena penggunaan seiring waktu.

Leave a Reply