You are currently viewing Konsep Baru Kolam Renang Alami
image credit : phinemo.com

Konsep Baru Kolam Renang Alami

Dengan tumbuhnya gaya hidup sehat dan eco-living, segala sesuatu yang berkonsep natural semakin populer, termasuk untuk kolam renang. Saat ini banyak orang lebih memilih untuk memilih kolam renang yang dibangun dengan konsep natural dibandingkan dengan yang konvensional, atau biasa kita sebut dengan Natural Swimming Pool (NSP). 

Yang dimaksud dengan alami di sini adalah kolam renang semacam ini mengurangi penggunaan bahan kimia, atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali. Oleh karena itu, efek samping dari paparan bahan kimia dapat dikurangi.

Lalu, apa sih sebenarnya kolam renang berkonsep natural itu? Apakah kolam jenis ini memiliki kualitas yang sama dengan kolam konvensional pada umumnya? Jika Anda masih bertanya-tanya tentang hal-hal ini, maka Anda datang ke tempat yang tepat.

kolam renang alami
image credit : hipwee.com

Disini kita akan membahas tentang apa itu Natural Swimming Pool (NSP) sebenarnya, sisi positif dan negatifnya, dan semua tentangnya secara umum. Demikian penjelasan mengenai Kolam Renang Alami.

Kolam Renang Alami, Tren Baru dalam Konsep Kolam Renang

Jika Anda akan membangun kolam renang baru, konsep NSP layak untuk dipertimbangkan. Inilah konsep yang akan cocok dengan gaya hidup sehat dan eco-living Anda. Dengan konsep ini.

Anda dapat mengurangi polutan yang dibawa oleh limbah air saat Anda menguras kolam. Selain itu, dengan menerapkan konsep ini, Anda tidak perlu khawatir akan overexposure bahan kimia yang biasanya bersifat merusak.

Lalu, apa sebenarnya NSP itu? Kolam Renang Alami adalah sebuah konsep dimana kolam renang tidak menggunakan bahan kimia apapun dalam perawatannya. Sebaliknya, ia menggunakan elemen alam seperti batu dan tanaman air untuk menyaring air. Konsep ini pertama kali diperkenalkan di Austria pada tahun 1980. 

Kemudian kolam renang jenis ini semakin populer seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat melalui eco dan gaya hidup sehat.

Dengan menggunakan konsep natural, setiap peralatan dan aksesoris kolam renang juga menggunakan elemen natural.

Dan walaupun tidak menggunakan bahan kimia sama sekali, kualitas air kolam ini dijamin kualitasnya sama dengan yang ada di kolam konvensional, bahkan lebih bagus lagi. Oleh karena itu, bagi Anda yang menerapkan gaya hidup sehat dan eco-living, kolam jenis ini akan menjadi pilihan terbaik.

kolam renang alami
image credit : phinemo.com

Secara teknis, Kolam Renang Alami dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama disebut zona renang. Ini adalah zona untuk berenang. Dan yang kedua disebut zona regenerasi, tempat penyaringan air dijalankan. Airnya sendiri akan disaring oleh batu alam dan tanaman air seperti teratai dan rumput air.

Sama seperti jenis kolam lainnya, zona renang dibuat dengan kedalaman tertentu sesuai permintaan pemiliknya. Biasanya memiliki satu atau dua meter. Kemudian, di zona regenerasi, kedalamannya akan menelan. Kedua zona dipisahkan dengan dinding pemisah. 

Sedangkan untuk proses penyaringan, air akan dipompa dari zona renang ke zona regenerasi. Di sinilah batu alam dan tanaman air mengambil bagian. Mereka akan menyaring air sampai cukup bersih. Setelah itu, air akan dipompa lagi ke zona renang. Proses ini akan dilakukan berulang-ulang sampai kualitas airnya bagus.

Tinggalkan Balasan