You are currently viewing Pengertian Coating Kolam Renang dan Prosesnya

Pengertian Coating Kolam Renang dan Prosesnya

Pengertian Coating Kolam Renang dan Prosesnya Menurut bahasa coat artinya menutupi atau melapisi. Coating merupakan sebuah proses dan teknik untuk melapisi bibir kolam renang agar terlihat lebih kokoh dan menarik.

Salah satu bahan yang digunakan untuk coating adalah batu alam yang sudah banyak dicari bahkan digunakan dalam proses coating. 

Mengapa menggunakan batu alam ? karena selain mudah disusun dan kuat, batu alam juga merupakan bahan yang mudah untuk dibersihkan, namun anda pun harus berhati hati dalam menentukan jenisnya. 

                     image credit : kolambali.com

Setiap batu alam yang digunakan memiliki tipe, corak dan karakteristik yang berbeda. Biasanya bahan yang cocok untuk pekarangan (bibir kolam) adalah Batu Palimanan, Andesit, Paras Putih Jogja dan lain-lain. Mengapa, karena bahannya memiliki daya tahan yang baik.

Proses Coating Kolam Renang

Sebelum melakukan proses pengecatan atau coating, pastikan batu alam tersebut bersih dari debu, kotoran atau sisa kotoran. Yang terbaik adalah batu alam di gosok dan disikat terlebih dahulu. Jika sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan sikat kawat selain sabun.

Jika batu alam sudah bersih seluruhnya, maka proses pengecatan (coating) bisa dilakukan dengan segera. Langkah pertama adalah melapisi batu tersebut. Caranya hampir sama dengan mengecat dinding. Anda dapat menggunakan alat seperti kuas untuk mempermudah.

Jika ingin hasil terbaik, selama proses pengecatan, Anda bisa menyemprotkan bahan cat ke batu alam dengan kompresor. Sehingga cairannya bisa merata. Pastikan untuk tidak mengabaikan area mana pun.

Setelah Berapa Lama Batu Alam di Coating Kembali ?

Pengecatan harus dilakukan saat musim panas tiba. Dengan begitu, cairan cat akan cepat mengering. Anda bisa mengecek hasilnya keesokan harinya. Untuk melihat apakah lapisannya rata, Anda perlu memeriksa lagi untuk memastikan tidak ada lapisan yang tersisa.

Menggunakan coating kembali bisa dilakukan sesering mungkin seperti enam bulan sekali atau setahun sekali.

Hal ini dilakukan untuk menjaga batu alam dari tumbuhan lumut yang akan tumbuh liar.

Selain itu, setiap batu memiliki jenis yang berbeda dan proses pelapisan nya (coating) tidak sama. Anda bisa menyesuaikan ukuran padatan dan pori-pori material. Karenanya, gunakan bahan berkualitas tinggi dan keamanan terjamin.

Tinggalkan Balasan