You are currently viewing Pentingnya MEP Sistem pada Kolam Renang

Pentingnya MEP Sistem pada Kolam Renang

Pentingnya MEP Sistem pada Kolam Renang – Saat membangun proyek dengan sistem MEP, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Apakah strukturnya dirancang dan dibangun untuk penggunaan perumahan atau komersial serta proyek kolam renang, apakah itu kolam renang pribadi di belakang rumah atau kolam renang umum yang digunakan oleh banyak orang. 

Sementara estetika selalu penting, struktur kolam harus dirancang sedemikian rupa sehingga volume air tertentu dapat diambil dengan aman. Sistem kolam juga harus dirancang untuk menjaga air tetap tersaring dan termurnikan. 

Terlepas dari seberapa besar atau kecil kolam yang diusulkan, mungkin ada beberapa desain mekanis untuk berbagai elemen seperti pemanas air, ventilasi pemanas, dan saluran air limbah.

Ventilasi juga harus aman dan mungkin memerlukan desain struktur dermaga dan fondasi pendukung lainnya. Jika poin kunci sebelumnya tidak dirancang dengan benar, menggunakan kolam bisa berbahaya. 

Seperti permukaan sekitar yang selalu licin dan menyebabkan kecelakaan, dan jika airnya kotor dapat menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, Departemen Kesehatan memiliki undang-undang khusus untuk kolam renang umum dan fasilitas renang. 

Dengan demikian, sistem MEP berhasil mencakup semua aspek penting dari standar desain teknik untuk kolam renang, spa, area persiapan mandi, sumber air, sistem pengolahan air, hingga standar keamanan dan kualitas air. Ada beberapa poin penting saat mengerjakan konstruksi kolam menggunakan sistem MEP.

Syarat Kolam Renang Pribadi dan Umum

Berbagai jenis kolam renang di Indonesia seperti kolam rendam, spa atau kolam lain yang digunakan oleh masyarakat harus dirancang oleh insinyur atau arsitek profesional yang berkualitas untuk memastikan penerapan MEP yang benar dan tepat. 

Persyaratan pemerintah diperlukan untuk memantau keamanan dan kenyamanan lingkungan di sekitar kolam. Kesehatan dan keselamatan masyarakat pengguna kolam renang umum juga menjadi tanggung jawab pemerintah. Oleh karena itu pemerintah telah menetapkan kualifikasi untuk membangun kolam renang yang nyaman bagi pengguna dan lingkungan.

Instalasi Listrik

Salah satu bagian dari sistem MEP yaitu instalasi listrik tentunya berhubungan dengan sistem penerangan, walaupun bagian ini juga penting untuk peralatan penyedot debu atau apapun yang berhubungan dengan kelistrikan. 

Jika bagian dirancang untuk berjalan menggunakan sistem MEP, kolam lebih aman untuk digunakan, misalnya diperlukan RCD dan semua outlet listrik yang dipasang di kolam harus memiliki tutup kedap air. Lampu buatan juga harus dipasang di kolam terbuka untuk digunakan setelah matahari terbenam.

Ini berlaku untuk kolam dalam dan luar ruangan dan spesifikasi untuk pencahayaan area dan pencahayaan bawah air. Pencahayaan harus cukup terang untuk keselamatan dan peredup tidak boleh dipasang di lampu kolam atau dipasang di bawah air.

Struktur

Dalam Sistem MEP, pembangunan kolam sangat penting untuk diperhatikan. Sistem MEP mencakup struktur kolam secara umum untuk secara khusus menyatakan bahwa arsitek harus memastikan bahwa kolam dirancang untuk menahan semua beban struktural hidrolik dan dapat mengantisipasi kondisi penuh atau kosong. 

Semua fitur tambahan, termasuk perosotan dan papan loncat, juga harus dirancang untuk mengantisipasi masalah beban yang akan digunakan orang.

Ventilasi

Sistem MEP tentu saja menetapkan persyaratan untuk ventilasi mekanis kolam renang untuk menjaga kontrol kelembaban. Sistem harus memiliki kapasitas untuk menerima 0,5 kaki kubik per menit udara luar per kaki persegi luas lantai, termasuk ketinggian air di kolam.

Plumbing (Pipa)

Pipa adalah bagian terpenting dari sebuah kolam renang. Ada pipa besar dan kecil yang tentu saja diperlukan untuk semua jenis kolam dan spa.

Tidak hanya ukuran pipa, tata letak dan kekuatan pipa juga penting saat membangun kolam renang. Kita tidak bisa begitu saja memasang pipa dan menggunakan pipa kualitas rendah yang dapat menyebabkan patahan dan kebocoran kolam, tentunya hal ini akan sangat merugikan waktu santai dan perbaikan yang memakan waktu lama. 

Itulah penjelasan tentang Pentingnya MEP Sistem pada Kolam Renang, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan