You are currently viewing Kolam Renang Berlumut ? Berikut Cara Mengatasinya!!
image : stockunlimited

Kolam Renang Berlumut ? Berikut Cara Mengatasinya!!

Kolam Renang Berlumut – Cara membersihkan air kolam tidak terlalu sulit, yang harus menjadi acuan dasar adalah bagaimana karakteristik air kolam.

Sifat atau karakter kandungan di dalam air juga bermacam-macam, dan mengetahui sifat air pada awal pengolahan akan membantu kita dalam menentukan takaran penggunaan bahan kimia di dalam kolam.

Dengan mengetahui sifat air di kolam, kita tahu bahan kimia apa yang akan digunakan untuk membersihkan kolam. Kandungan senyawa dalam air akan menjadi faktor pembatas untuk menjernihkan air kolam.

Biasanya air yang dimasukkan ke dalam kolam renang mengandung senyawa yang masih belum stabil. Kondisi ini akan mempengaruhi perlakuan dan pemberian takaran/dosis/komposisi kimia di kolam. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membersihkan air kolam Anda, lihat ulasan di bawah ini :

Air Kolam Hijau Berlumut

Sangat mudah untuk melihat air kolam berlumut atau berwarna hijau dengan kasat mata.. Kita bisa melihat bahwa dasar dan dinding kolam penuh lumut. Dalam hal ini, kolam Anda pasti akan kekurangan bahan kimia.

Untuk membersihkan air kolam Anda saat mengalami masalah seperti ini, Anda perlu menambahkan bahan kimia berupa 90% granular ke kolam Anda. Jika Anda bertanya berapa volume bahan kimia yang harus digunakan untuk masalah ini?

Itu semua tergantung pada ukuran kolam Anda. Juga tingkat kerusakan air kolam.

Anda dapat membersihkan dinding dan dasar kolam dengan sikat kolam (pool brush) setelah seluruh kolam dibersihkan. Hal ini dilakukan agar alga dan  lumut yang tumbuh dan menempel di kolam keramik bisa terangkat ke permukaan.

Dengan membersihkan seluruh bagian kolam Anda, hal ini akan meningkatkan kinerja penggunaan bahan kimia dalam pembersihan kolam Anda. Jika murni secara kimiawi (tanpa sikat), alga dan lumut akan sulit dibersihkan dan dapat tumbuh.

Air Kolam Berwarna Hijau Bening

Kondisi kolam hijau jernih, tidak ada akumulasi alga, tidak ada alga di dasar dan dinding kolam. Intinya dasar kolamnya jernih dan bening tapi airnya hijau

Jika ditemukan, umumnya kandungan senyawa seng (Zn) dalam air kolam sangat tinggi. Kadar seng yang tinggi menyebabkan warna air kolam menjadi hijau jernih.

Cara membersihkan air kolam warna hijau murni adalah dengan menambahkan 90% chemical Granular dan menambahkan trussi secukupnya. Mereka dimodifikasi agar sesuai dengan ukuran kolam serta tingkat kerusakan air di kolam.

Dan jika Anda menggunakan cara ini tetapi tidak mendapatkan hasil, langkah selanjutnya adalah menyimpannya di kolam.

Dengan tujuan mengendapkan kotoran di kolam, setelah disimpan, langkah selanjutnya adalah menghilangkan endapan dengan membuat vakum total.

Ini adalah cara praktis untuk membersihkan air kolam Anda dengan warna hijau jernih. Kami terus bekerja dengan masalah air kolam lainnya

Air kolam Putih Berkabut

Masalah perubahan warna air kolam menjadi putih berkabut adalah hal yang biasa terjadi. Ini adalah masalah yang paling umum ditemukan di kolam renang pribadi dan umum.

Semua ini terjadi karena kurangnya bahan kimia dalam air kolam. Solusinya mirip dengan masalah perubahan warna seperti diatas.

Cara membersihkan air kolam yang berubah warna menjadi putih dan berkabut adalah dengan menambahkan 90% granular pada kolam. Kondisi perubahan warna air kolam harus dipantau setelah penambahan partikel kimia.

Berdasarkan pengalaman, dengan air kolam yang berwarna putih berkabut, hal ini disebabkan oleh dua hal. Alasan pertama adalah air di kolam renang mengandung senyawa seng (Zn) tingkat tinggi,

Yang kedua mungkin karena jumlah bahan kimia Trussy yang berlebihan. Seng yang berlebihan dan peralatan yang berlebihan dapat merubah warna air kolam. Itulah beberapa cara mengatasi kolam renang berlumut dan tidak jernih.

Tinggalkan Balasan